Rupiah Melemah, Harga Toyota Masih Pakai Kurs Lama

Alphard-baru
Toyota Indonesia menaikkan harga generasi terbaru Alphard varian 2.5 liter hingga Rp 60 juta dibandingkan model sebelumnya. Sedangkan untuk tipe termewah 3.5 Q, harganya lebih mahal Rp 150 juta. Kenaikan ini, menurut Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), lebih karena penambahan spesifikasi.

“Juga ada sedikit penyesuaian kenaikan nilai dollar AS terharap rupiah, karena semua Alphard dan Vellfire yang dipasarkan ke Indonesia diimpor utuh (CBU) dari Jepang,” beber Samulo di Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Nilai tukar rupiah terus melemah hingga menembus Rp 13.400 per dollar AS, membuat pebisnis otomotif perlu menghitung ulang. Dengan alasan ini, Toyota mengaku sudah melakukan penyesuaian, meskipun tidak sepenuhnya menyalurkan beban ini kepada konsumen.

“Sekarang Toyota masih menggunakan acuan Rp 11.000 per dollar AS, ke depan bisa saja naik. Tapi, kami melihat bagaimana pasar nanti bisa menyerap, yang pasti kita naikan secara bertahap,” beber Suparno Djasmin, Wakil Presiden Eksekutif TAM.

Tags: Toyota,

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *