Strategi Masa Depan Toyota Demi Efisiensi

Strategi-Masa-Depan-Toyota

Toyota Motor Corporation membeberkan rencan pengembangan manufaktur di masa depan yang lebih hemat biaya produksi. Restrukturisasi proses manufaktur disiapkan agar bisa lebih irit saat akan membangun pabrik baru di masa depan.

Langkah kongkretnya, produsen mobil terbesar di dunia itu berencana lebih menyeragamkan platform model baru yang akan lahir di masa mendatang. Langkah penghematan ini diambil mengingat penjualan mulai tembus 10 juta unit sejak 2014.

Dengan memperbesar lingkup kelompok kendaraan, baik untuk produksi dan pengembangan, Toyota menargetkan bisa mengurangi 20 persen pasokan komponen berbeda saat menciptakan model baru.

Saat perusahaan memanfaatkan lebih banyak komponen yang sama, kompleksitas komponen dari beragam model otomatis terpangkas. Tujuan lebih jauh, mengurangi nilai investasi hingga setengahnya jika membangun lini produksi baru di pabrik.

Berbagai restrukturisasi manufaktur ini dilakukan agar ketika Toyota menanamkan modal untuk membangun pabrik baru, nilainya bisa lebih hemat sampai 40 persen.

Mesin
Toyota juga mengaku akan mengembangkan jajaran mesin baru yang lebih efisien 25 persen dari yang ada saat ini. Meski lebih hemat, tenaga yang dihasilkan justru lebih besar 15 persen. Sistem teknologi hibrida terbaru kabarnya akan ditanamkan pada generasi Prius paling gres yang diluncurkan akhir tahun ini, menawarkan efisiensi bahan bakar hingga 15 persen.

“Ini merupakan periode untuk mengerjakan kembali pengembangan dan produksi. Kami akan memulai langkah baru secara komprehensif,” jelas Mitsuhisa Kato, Wakil Presiden Eksekutif Toyota, dilansir Bloomberg, (25/3/2015).

Petinggi Toyota mengandalkan perubahan mekanisme pengembangan model baru demi menjaga stabilitas pertumbuhan di masa persaingan lebih ketat dengan rival, seperti Volkswagen dan Nissan yang sudah menggulirkan pemanfaatan platform sama untuk beragam model baru.

Kato melanjutkan, model pertama yang diproduksi menggunakan konsep Toyota New Global Architecture (TNGA) ini adalah model di segmen C. Kendaraan berpenggerak roda depan itu akan diluncurkan akhir 2015. Di segmen ini, Toyota memiliki beberapa model andalan, termasuk Corolla, Prius, dan Lexus CT.

Tags: Toyota,

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *