Toyota Alphard Ibarat Avanza bagi Orang Kaya

Toyota-Alphard1
Kendaraan multi guna (MPV) dengan keunggulan punya daya tampung banyak memang masih menjadi favorit keluarga di Indonesia. Mulai dari konsumen pembeli pertama sampai yang sudah berlimpah harta tetap memilih jenis kendaraan ini sebagai mobil pribadinya.

Toyota, dalam hal ini bisa jadi contoh yang kongkret. Di segmen terbawah, produsen mobil terbesar di dunia ini punya Avanza, hasil kolaborasi dengan Daihatsu, yang masih digandrungi mayoritas konsumen Indonesia. Buktinya, meski mendapat tantangan dari merek lain di segmen sama dan penjualannya menukik tajam, Avanza masih membuktikan dirinya sebagai model terlaris di Indonesia.

Data Gaikindo menunjukan kalau sepanjang tahun lalu, total penjualan Avanza tercatat 162.070 unit. Sedangkan dalam dua bulan pertama tahun ini, 24.525 unit.

Di segmen lain, bagi kalangan orang kaya, mereka banyak yang memilih Alphard sebagai mobil pribadinya. MPV enam sampai tujuh penumpang ini kerap dijadikan mobil operasional harian, selain karena lapang dan nyaman. Alphard yang mengisi segmen premium juga dirasa cocok mempresentasikan gaya hidup dan status sosial para orang kaya.

Tahun lalu, Alphard terjual 1.146 unit, sedangkan dalam dua bulan pertama tahun ini penjualannya hanya 3 unit. Maklum, model baru segera di luncurkan Toyota Indonesia, hari ini (Jumat, 27/3/2015).

“Alphard itu identik dengan Avanza-nya orang kaya. Para eksekutif, top level sangat lazim menggunakan Alphard dalam kesehariannya, mau itu bisnis atau aktivitas bersama keluarga,” jelas Leovan Widjaja, pemilik gerai mobkas Auto11 di Tangerang, kepada KompasOtomotif, Kamis (26/3/2015) petang.

Toyota Alphard mulai dipasarkan sejak 2002 sebagai produk eksklusif Jepang saja. Toyota baru resmi memasarkan Alphard di Indonesia sejak 2008, padahal model ini sudah bisa dimiliki orang kaya di Indonesia melalui jasa importir umum dan jumlahnya tidak sedikit.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *